Uji Kompetensi Guru (UKG) sebenarnya telah dilaksanakan sejak tahun 2012. Namun pada saat itu UKG ini hanya diikuti oleh guru-guru yang telah memiliki sertifikat pendidik (Guru Profesional). Lalu pada tahun berikutnya UKG berubah menjadi Uji Kompetensi Awal (UKA) yaitu ujian yang dikhususkan kepada guru-guru yang belum memiliki sertifikat pendidik sebagai bahan perangkingan calon peserta program sertifikasi guru.



Tahun 2015 ini kemdikbud kembali mengadakan Uji Kompetensi Guru (UKG 2015) yang diikuti oleh selurug guru baik yang PNS maupun Non-PNS, yang sudah sertifikasi maupun belum. Semua guru yang telah memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) wajib mengikuti UKG yang akan dilaksanakan mulai tanggal 9 sampa 27 November mendatang.



Kemendikbud telah merilis kisi-kisi materi UKG 2015, kisi-kisi ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mempelajari materi dan menjawab soal yang diujikan. Kisi-kisi soal UKG diberikan sesuai dengan bidang studi tertentu yang diikuti guru dan jenjang pendidikan.



Pada UKG 2015 yang akan dilaksanakan secara online nanti, ada 2 kompetensi yang akan diujikan, yaitu Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional, dengan komposisi lebih kurang, 30% Kompetensi Pedagogik dan 70% Kompetensi Profesional. Berikut adalah beberapa kumpulan soal yang dapat digunakan untuk latihan UKG 2015 yang disertai kunci jawabannya dapat diunduh di link berikut ini:




  1. Soal UKG Uji Kompetensi Pedagogik Guru Kelas SD

  2. Soal UKG Uji Kompetensi Pedagogik Dan Jawaban

  3. Soal UKA materi Uji Kompetensi Pedagogik

  4. Soal UKG tentang Kompetensi Kepribadian dan Sosial

  5. Soal UKG tentang Perundang-undangan

  6. Soal UKG tentang Model-model Pembelajaran Inovatif

  7. Soal UKG tentang Pengembangan Profesi Guru


Dalam UKG 2015 yang dilaksanakan dengan sistem Computer Based Test (CBT) nanti, setiap guru diberi waktu selama 120 menit untuk menyelesaikan soal berupa pilihan ganda sebanyak 100 soal. Masing-masing guru akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya tetap sama dan dengan standar nilai minimal yang diperoleh guru dalam UKG 2015 adalah 5,5.



Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman-teman dalam menghadapu UKG 2015 November mendatang.



Thank's to www.sekolahdasar.net